Thursday, July 15, 2004

Kartun Jepang

Gua suka banget kartun, terutama anime jepang atau film-film klasik keluaran Disney. Sekarang ini ada beberapa kartun yang bikin gua jatuh cinta dan mau melototin kalau muncul (kecuali pas hari minggu itu gua ngantuk dan kebablasan tidur sampe jam sembilan). Film kartun Noddy yang dibikin berupa animasi lucu banget! Selain gambar Noddy yang imut, suaranya yang bikin gemes (Sama dengan suara Ramtaro), juga kesederhanaan ceritanya yang bermakna. Wah TOP dah! Terus ada kartun yang masih belom tau judulnya, yang pasti tokoh utamanya burung pelatuk yang konyol banget dan sohibnya yang bernama aneh: Pachikaru. Ceritanya polos-polos konyol gimanaaa gitu, jadinya lucu banget! Dah gitu ada juga kartun yang bisa bikin perut kekocok abis, yaitu, Ninja Ramtaro (gak pernah merhatiin judulnya!) yang pasti tokoh utamanya tiga; Shinbe yang paling kecil, polos, dan manja abis; Ramtaro yang paling ‘dewasa’ di antara mereka bertiga; Kirimaru yang mata duitan dan selalu mencari cara untuk ngedapetin keuntungan dari apa pun yang mereka bertiga lagi kerjain. Ceritanya mah simple, sehari-harinya ninja yang lagi belajar jadi ninja, tapi ceritanya tuh gak iya banget! Masa’ ada ninja yang udah umur 30-an masih belajar bereng ninja anak-anak dan punya persahabatan kuat dengan salah seorang ninja…sok mengharukan gitu!! Ck…ck…ck… Lucu banget deh!
Kartun lain yang sangat berkesan tentu saja Hunter X Hunter. Walau di TV belom tamat, tapi setiap episodenya bener2 memikat. Terutama kepolosan Gon, dan betapa ‘butuhnya’ Killua terhadap persahabatan itu (apalagi Killua selama ini gak punya sohib), wah manis banget! Lagian karena dunianya fantasi, jadinya seru. Pendalama tentang Nen dan macem-macemnya, serunya ngedapetin lisensi Hunter, adegan berkelahi yang seru (terutama fakta bahwa walaupun kecil, Killua itu super powerful!!), wah, HXH termasuk salah satu anime terbaik yang pernah ada! Dan yang paling berkesan bagi gua adalah Lagu Utama yang diputar di awal film. Seperti biasa, lagu-lagu Jepang emang dalem2, termasuk lagu ini. Bagian lirik yang paling gua suka yang ini:
Semoga hari ini jadi hari yang indah
Hal yang sederhana
Kita lihat apa adanya
Bak cahya mentari
Itu sesuatu yang paling berharga
Berjalan bersama dirimu
Bergandeng tangan denganmu
Aku ingin menjadi sahabat selamanya
Berkesan banget! Kemaren beli animemonnster dengan uang yang tersisa, karena isinya lagi keren banget! Salah satunya adalah anime PLANETES. Gua baru baca komiknya, tapi yang pasti efeknya dalem banget, belom lagi nelangsa ketika ngeliat bumi jauh dari atas sana, luar angkasa yang unlimited, dan tentu aja kekacauan perasaan dan psikologis Hachimaki di luar angkasa sana, sampai akhirnya dia belajar bahwa ketika kita punya ‘tempat’ untuk pulang, barulah, jadi astronom sejati…dalem banget deh!
Satu kartun anime yang bikin gua suka banget juga Astro Boy. Komiknya terbit dah lama, dan ceritanya bagus-bagus banget! Filmnya juga sarat sama nilai-nilai yang mempertanyakan hubungan manusia dan robot serta makna kemanusiaan, dan jelas, friendship. Cantik banget!
Duh, banyak banget dah anime dan manga yang gua suka…jadi bingung…tapi mudah2an kalian yang baca tulisan ini pada nyoba nonton dan baca. Asli! Keren banget! Laen kali bakal ada tulisan tentang lebih banyak lagi anime dan komik Jepang, dan tentu aja: Kartun Klasik Disney yang sarat Keindahan…Persaudaraan dan Persahabatan…

1 comment:

Anonymous said...

aku jga suka bangettttttttt sama kartun yang berbau jepang,apalagi "the prince of tennis"boleh dong qta c s an:)
winda_cutez@yahoo.co.id