Friday, July 30, 2004

Jealous? Wah! Nggak Banget!!!

Pernah baca kata-kata di komik Imadoki, (Yuu Watase), katanya cemburu itu bikin jiwa jadi kerdil. Wah bener banget! Kenapa sih, kita bisa sampe ngerasa seperti itu? Bagian syaraf mana yang mengatur perasaan seperti itu? Asli, nggak enak banget! Gua kalau lagi ngerasa seperti itu biasanya langsung nyari berbagai pembenaran supaya hati jadi lebih tenang dan bilang keras-keras di hati “ Bego banget kalo lu jealous, udah jelas ada nilai lebih yang lu rasain!”. Yah, setidaknya itu cukup mengobati, tapi nggak tahu deh, karena kalau lagi dihadapin sama fakta dan kejadian sebenernya, ngatasin hal itu nggak semudah teorinya. Gua merasa udah cukup lama nggak ngerasa seperti itu, terakhir menjelang akhir kelas 3 SMU, tapi pas perasaan itu muncul lagi kira-kira awal liburan, rasanya kesel banget! Ternyata hati gua masih sedangkal itu! Wah, langsung konsultasi banyak-banyak. Gimana ya, kok perasaan nggak iya banget kalau gua ngerasa begini? Kenapa nggak bisa biasa-biasa aja? Tapi ya ternyata emang berat, dan setelah beberapa kali masa latihan, penyesuaian, dan tentu saja pembenaran, ketika kejadian yang mirip terjadi lagi, entah kenapa, gua udah bisa mentertawakan keadaan itu, lebih nyantai di hati, dan tentu aja lebih enak dirasakan. Is it possible that I’ve reached another level of maturity? Hehehe. Yaa, nggak tahulah, walaupun rasanya emang nusuk banget kalau itu terjadi, tapi rasa-rasanya masih dalam ambang batas yang bisa ditolerir. Oya, plus, selalu punya temen cewek yang asik buat diajak curhat tentang masalah ini, supaya kita bisa ngelepasin perasaan kita apa adanya, baru rasanya lebih lega. Kalau dipendem sendiri emang nggak enak. Guru gua bilang, the Wise Mr. Imam, “Jealous itu enak lagi, Ve. Dinikmatin aja.” Berhubung dia pakarnya (nggak juga sih), yah, coba diterapin aja sarannya. Hehehe. Kalau emang terpaksa banget, dilampiasin sama nangis juga bagus, atau nasihatnya Mr. Black yang bagus banget, “ Sholat aja. Insya Allah tenang lagi.” Dan yup, manjur. Pelarian yang tepat juga enak, walau suka berbuntut panjang dan pada akhirnya kita sendiri yang kelabakan. Untungnya lagi, perangkat yang gua miliki termasuk nyokap yang asik banget buat curhat, jadi setelah semua permasalahan terlampaui, wah, lega deh kalau curhat ke umi (geez, hope someday I would be as cool as my mum!). 
Wah, indahnya jadi manusia. Subhanallah karena Allah udah memberi kesempatan bagi kita untuk menjadi manusia dengan perasaan-perasaannya, mencoba menggali kebenaran di dalam hati, mengatasi berbagai macam kompleksitas perasaan yang ada. Rasanya memang luar biasa! Semoga, gua bisa lebih sering jealous sama orang lain gara-gara ngeliat dia deket sama Allah. Yah, mencoba menggali cinta kepadaNya… 

 

1 comment:

yaabbna said...

Hai,aku dari Malaysia..Ingin tahu pasal filem Mengejar Matahari.