Thursday, February 03, 2005

Ketika Terasa Sebuah Kekurangan

Ini dia yang kurang. Kak Zaki...thanks banget commentnya!! Iya, gw kurang ‘turun ke jalan’...gw pernah diceritain kak Zaki suatu kali pas dia abis balik ngunjungin LP buat ngambil beberapa foto. Ngiri juga sih...rada kelabakan juga pas ngobrol, karena gw gak tau dunia itu. Tapi yang gw tau, bahwa apapun yang kita lakukan sekarang, indahnya jadi mahasiswa, bla-bla-bla, nggak ada apa-apanya ketimbang ketika berada langsung di tengah-tengah masyrakat real. Kita liat indah2nya doang sih...
Gini contohnya. Suatu kali, di depan gerbang SR ada penjual bubur kacang ijo. Terus, walau sebenernya gak pengen – pengen banget, karena gak tega, gw beli aja. Paling 2000an. Beliau cerita dulu biasanya mangkal di kampus, pindah-pindah tempat dari GKU lama, Labtek Biru, dll. Udah tujuh tahun kalo gak salah. Dan mesti keluar karena imbas terlalu banyaknya penjual ‘liar’ di dalam kampus. Apalagi di luar pendapatannya gak selancar di kampus. Terutama hari minggu, kalo hari biasa rame karena biasa nangkring di deket bank BNI yang didatengin pegawai kantornya. Tapi hari minggu itu, ditengah hujan yang masih rintik-rintik...udah sore lagi, dagangannya masih banyak banget...nelangsa...gw jadi beli dua bungkus...Gak mungkin gw bilang, ‘hmm...biar kampus lebih rapi, Mang’ atau ‘ Ya..siapa tau di luar ada rezeki yang lebih lancar Mang’ waduh...sok tau bener gw! Gw cuma bisa senyum sambil ngangguk-ngangguk nggak jelas...what were I suposed to say? Karena yang dia pertanyakan bahwa tujuh tahun setiap harinya dia memanggul bubur kacang ijo itu tidak berarti dia memiliki sedikitpun ‘saham’ terhadap sang kampus biru...nope...dia cuma numpang lewat. Dan kita-kita ini, yang mungkin biasa memesan semangkuk buburnya, dengan keseharian yang serba santai...adalah ‘penduduk’ resmi sang Ganesha...
Di lampu merah deket simpang Mc Donald’s, ada dua pengamen yang gw suka banget. Satu kelihatannya kalo bukan orang Irian, ya Manado. Suaranya...weleh...bagus pisan! Suara nggak bakal ngefek kalo gak diikuti lagu yang bagus, dan jangan ditanya, seleranya keren-keren. Yang bikin gw ‘jatuh cinta’ pas dia nyanyi ‘Lost In Space’nya Lighthouse Family. Juga salah satu tukang ngamen yang rambutnya uwel-uwelan banget, berkacamata, biasa megan gitar, gw paling seneng kalo dia duet sama si Irian ini...bagussss...banget. sayang udah berminggu-minggu dua orang ini nggak nongol. Mungkin lagi nyari ‘arena’ lain...
Gw pernah tergoda buat nyapa supir angkot di sebelah gw pas angkot berdiri buat nanya ‘ berapa sih Kang (gak enakan pake Mang, padahal kata ibu gw yang udah 19 tahunan di Bandung, bilang itu gpp)dapetnya sehari?’,’ yang disetor berapa?’,’buat apa sih bayar retribusi-retribusi itu? Apa cuma tukang palak?’...tapi belom berani. Waktu itu pernah ada supir yang ramah banget, gw ditanyain udah selesai ujian apa belom (waktu itu naik dari depan kampus, dan emang musim ujian)...tapi waktu itu belom kepikiran buat nanya yang laen-laen...gitu deh!
Mudah-mudahan seiring waktu, ada banyak hal yang bisa dibuka dan dipahami...belajar nggak hanya dari buku tapi juga ‘buku-buku kehidupan’...setiap manusia dan kejadian itu sendiri...semoga....(kak Zaki...thanks lagi!!!)
(btw...dah pada denger lagu PHB/Pemuda Harapan Bangsa? Emang konyol deh...)

No comments: