Tuesday, February 01, 2005

Jalan-Jalan Ke Luar Negri...

Gw cukup beruntung karena sejak kecil ‘terbiasa’ untuk jalan-jalan ke banyak negara dan tetap ‘sederhana’ dengan jalan-jalan itu. Orangtua gw emang bukan orang kaya, yah...cukuplah. biasanya, kalo lagi ada rezeki, dipake buat jalan-jalan, baik di kawasan lokal, atau kalau rezekinya emang lagi ‘lumayan’ ke luar negri-lah. Ayah gua, adalah traveller yang paling gua kagumi. Udah pernah ke semua propinsi di Indonesia, bahkan ke hutannya Irian Jaya dan ngelewatin sungai di Kalimantan. Kemudian, bersama2 umi, a.k.a ibu gua, sekolah ke Inggris dan semasa liburan menjelajah paru besar kawasan Eropa dengan mobil sedan second-hand itu. Gua ikut pas itu karena udah umur 2-3 tahun. Adik gua bahkan lahir di Inggris. Ayah juga udah pernah ke Jepang. Dan berempat, udah empat kali ke Tanah Suci, Mekah (walau kunjungan pertama adik gua gak ikut, karena emang belum lahir. Pas kali kedua ke sana, adik gua juga masih di perut nyokap. Umur berapa bulan gitu...). malaysia dan Singapura, udah lumayan sering...ayah bahkan –walau dibiayain bosnya- pernah ke Penang cuma buat maen golf! Alhamdulillah rezeki Ayah emang cukup lancar. Tapi jangan dipikir kita ke sana bermewah-mewahan. Setiap jalan ke luar negri, selalu dilakukan ‘penghematan’ ketika ada di sana. Waktu ke Singapur 6-7 tahun lalu, kita nginep di salah satu kamar kuecil pisan di Apartemen. Tapi ya asik aja. Yang penting kan jalan2. jadilah kita ngerasain naik bus yang serba tertib itu!!! (wah...shock banget pas pulang lagi ke Indonesia waktu itu) jalan sepanjang kawasan belanja di Singapura, dengan pohon2nya yang luar biasa rindang dengan sarana pejalan kaki yang luaaaasss banget. Terus, nyebrang dari singapur ke Kuala Lumpur dengan biaya mahal, sekitar 300 dolar Singapur dengan taksi! Dan kaget ketika bisa pulang dengan kereta dari KL ke Singapur dengan beberapa dolar aja. Naik kereta malem lagi...terkesan banget...sambil menjelang tidur, bisa ngeliat keluar jendela derap kereta dan stasiun2 yang terlewati... pengalaman menegangkan lainnya pas di Mekah. Biasa, ke sana itu kan mahal, jadi biaya idup mesti hemat. Apalagi kita gak pake travel yang ngurus hotel, dst. Yang bebas. Jadi, umi, adek, dan gw sendiri disuruh nunggu di depan masjid Haram, sementara ayah keliling dari satu hotel ke hotel lain untuk nyari yang paling murah tapi cukup bagus. Jadilah kita nunggu...deg2an juga kalo2 kenapa2 gitu. Alhamdulillah dapet. Kemudian 2-3 hari sesudahnya pindah lagi ke hotel yang pas di depan masjid tapi lebih murah! Wah...seru deh. Pas ke Madinah lebih gawat. Kita ditinggal di stasiun bus. Untung supirnya orang Indonesia, jadi nungguin umi, adek, gw bertiga pas Ayah pergi naik taksi ke kawasan depan masjid nabawi untuk lagi-lagi, keliling nyari hotel yang harganya cukup sesuai sama kocek. Alhamdulillah dapet lagi hotelnya...
Waktu idul adha kemaren ke Penang pun, supaya hemat kita nginep di kamar apartemen yang harganya semalem 45 dolar-an, kira2 100ribu rupiah. Dengan fasilitas, yah walau kamar kecil dan kita berempat numplek plek, tapi kamar mandinya ok, flash-nya jalan, ada wastafel, bersih. Kamarnya juga ber-AC. Ada mesin cuci, kompor buat masak sendiri, dsb. Lengkap deh! Dan kita nyoba naik bus di sana. Padet buanget sih. Tapi tetep aja aja teratur. Bus cuma berhenti di terminal. Dan bahkan, seorang Cina-gaul yang udah gua suudzonin, ngasih bangkunya buat seorang ibu dan anak perempuannya yang berdiri...gak nyangka banget! Oya, kamar apartemennya itu lantai 18! Wah...dapet bonus pemandangan indah...tapi khawatir juga kalo2 ada gempa lagi...lantai 18 gitu loh...tapi tegang juga, abis, lift-nya gak ada lampu penunjuk lantai, entah karena rusak atau apa. Dan, tombol lantai 18-nya tuh gak nyala kalo dah dipencet! Gimana gak serem! Tapi yaa...begitulah...selalu menyenangkan...dan gua selalu bersyukur kepada Allah, bahkan dengan kesederhanaan keluarga gua, setidaknya hal-hal yang memperkaya diri dengan jalan2 itu mampu memperluas pandangan ketimbang kaya buanget tapi stuck di negara ini doang atau keluar negri cuma buat ngerasain enak2nya aja...toh...pas dirasain sekarang, senuanya jadi indah!!

1 comment:

Healty Diet said...

Mbak bisa kasi tau gak berapa kira-kira total biaya yang harus dikeluarkan untuk jalan2 kejepang? dengan rupiah tentunya! dan juga itu termasuk biaya paspor dan visa! Makasi ya buat infonya!