Tuesday, February 01, 2005

Ketika ke Penang, Malaysia...

Di penang kemaren, berasa banget betapa etnis Cina itu sangat mendominasi. Kata ayah, emang, 80% penduduk pulau ini Cina, baru Melayu dan keturunan India. Dan, golongan atas ya di Cina juga. Jadilah mall-mall itu dipenuhi dengan para cewek2 dan cowok2 gaul muda-tua Cina. Melayu? India? Ada sih, tapi gak banyak. Adn sering gayanya tuh...gimana ya? Gak ok banget! Kayak kampungan gitu deh...kurang ‘dignity’ dan ‘pride’. Tapi yang lucu kayak gini. Di Medan, kota yang didominasi Cina, orang Cina bekerja domainly as Toke’. Alias para pemilik toko yang walau keliatan miskin sebenernya tajir. Dan pengisi lowongan ‘kelas bawah’ seperti tukang taksi, penjaga toko, dsb, adalah Melayu. Rumah2 besar adalah milik para Cina ini, atau pejabat yang kayaknya minta ampun. Tapi di Penang beda. Orang Cina tetep aja bekerja di sektor2 biasa, bahkan supir taksi atau penjaga toko sekalipun. Mereka kebanyakan tinggal di apartemen seperti yang gua tinggalin pas di sana bersama2 dengan orang Melayu dan orang India. Harga rumah memang mahal di sana, jadi kalau dilihat, kemakmuran di sana tuh..’rata’. dan yang lebih luar biasa lagi, sistem pendidikannya mengharuskan siswa di sana belajar mulai bahasa Melayu, Inggris, Mandarin (atau apa gitu...yang beda dialeknya!), dan Tamil. Jadi mereka punya kewajiban untuk berkomunikasi secara bercampur, gak boleh satu bahasa diunggulkan sangat tinggi di satu pihak. Yang lucu pas ngedengerin mereka ngomong bahasa Inggris...gw susah banget ngertinya. Gua alhamdulillah bisa ngerti denger dialog film asal Amerika atau Inggris (bukan Irlandia, ya!) tanpa teks. Tapi denger mereka ngomong Inggris dengan logat Melayu, Mandarin, atau Tamil...it’s so...confusing! apalagi Inggris mereka jadi rada ngaco...maksudnya, tata bahasanya campur aduk banget. Gua gak bisa denger pas beberapa perawat ngomong, “ barusan yu tok tu mi?” “ yes, i tok tu yu” dan gua bengong. Untung adek gua, yang secara struktur emang lebih jago (pas di Medan, gua lulus intermediet, pas ngambil advance 1, gua masuk IC dan pindah, sementara adek gua udah nerusin sampe advence 2), ngerti dan ngejelasin ke gua. ada juga pemilik kamar apartemen yang kita nginep di dalemnya cerita pas nganter kita ke airport. Dia cerita begini untuk menjelaskan lalu lintas di Penang, “ Enaklah...traffic di Penang...tinggal pusing, tak usah payah2 jalan jauhlah” (lalu lintas di Penang enak, tinggal berputar, gak perlu jalan jauh) Wow! Kebetulan ketemu sama dua turis suami istri yang lagi di Komtar Tower lantai 60. ortu ngedenger mereka ngobrol pake logat Inggris, dan ngajak ngobrol. Dan gua bersyukur karena ngerti...gua kira udah jadi bego karen dah lama gak praktek. Dan ketika ngejawab mereka, atau ngebantu ortu (maklum, kan mereka lebih lama lagi gak praktek), these wo strangers, ngerti yang gua omongin dan menanggapi. Senengnya...dan kayaknya kagum sama logat gua gitu deh! Hehehe...senengnya...
Nah, balik ke Indonesia, gua shock lagi dengan realitas yang ada. Di kereta dari Jakarta-Bandung, seperti biasa, selain para kaya yang biasa bolak-balik Jkt-Bdg, yang ngisi kereta adalah lagi-lagi etnis Cina. Dan gua langsung nelangsa pas menyadari, kalau mereka2 yang jadi calo tiket, yang ngebawain bantal, makanan, nyewain majalah...adalah etnis kita...Melayu...dan ketika sampai di Bandung, Melayu ini lagi yang jadi kuli barang atau tukang taksi yang suka rada’ maksa...sedihnya...kata ayah, ini karena masyarakat kita terlalu banyak, sementara lowongan dikit, jadilah pekerjaan yang sebetulnya ‘gak perlu’ diada-adain...tapi gimana lagi...butuh perubahan dan pemimpin yang berkomitmen menurut gua. dan inget! Bukan hanya mentingin kebutuhan ‘kelompok’nya tapi masyarakat umum yang lebih jamak dan beragam, karena perubahan memerlukan semua aspek...semoga saja...
CATATAN: penang itu dibaca = pineng

No comments: